11/05/22

Resmi Dilantik, Peratin di Kecamatan Batu Brak dan Belalu Diminta Parosil Tidak Salah Gunakan DD

Loading...


Lampung Barat - Bupati Lampung Barat H. Parosil Mabsus lantik Peratin (Kepala Desa) di dua kecamatan Batu Brak dan Belalau, Selasa (10/5/2022).

Pelantikan Peratin Kecamatan Batu Brak dipusatkan di Pekon Kerang, sedangkan untuk Kecamatan Belalau dipusatkan di Pekon Kejadian Kabupaten Lampung Barat. 

Adapun pelantikan Peratin (Kepala Desa) gelombang pertama itu diikuti oleh 60 Pekon (Desa) di 15 Kecamatan yang ada di Kabupaten Lampung Barat.

Dihari pertama pada pelantikan Peratin  tersebut diawali di Kecamatan Batu Brak dan Kecamatan Belalau, pelaksanaanya sendiri didukung dengan berbagai macam pelayanan, tercatat 12 pelayanan dari instansi horizontal dan 4 (empat) pelayanan dari instansi vertikal.

Berbagai macam pelayanan dari 12 instansi horizontal itu diantaranya, yakni pelayanan Administrasi Kependudukan, seperti perekaman e-KTP, Penerbitan KK, e-KTP, KIA, akta kematian, kelahiran dan perkawinan.

Kemudian pelayanan perizinan, seperti pembuatan kartu pencari kerja (kartu kuning), Izin UMKM, izin urusan kesehatan (praktek dokter, bidan, perawat dan apoteker).

Selanjutnya pelayanan Keluarga Berencana (KB), pelayanan Vaksinasi Covid-19 dan cek golongan darah, pelayanan pemeriksaan kesehatan hewan ternak serta pelayanan perpustakaan keliling.

Sementara, empat pelayanan yang akan digelar instansi vertikal tersebut yakni dari Sistem administrasi manunggal satu atap (Samsat), Kementerian Agama, Pengadilan Agama dan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

Dari sekian banyak pelayanan yang mendukung berjalannya proses pelantikan Peratin itu, ditujukan untuk mempermudah dalam memberi pelayanan kepada masyarakat.

Hal itu juga merupakan salah satu implementasi dari Pitu program poin keenam yang dicanangkan Pemkab Lampung Barat di bawah kepemimpinan Bupati Parosil Mabsus dan Wakil Bupati Mad Hasnurin, yaitu Masyarakat Berdaya Saing dan Peningkatan Kinerja Pelayanan Publik.

Pada kesempatan tersebut, Kehadiran Bupati Parosil dan Wakil Bupati Drs. Mad Hasnurin di lokasi acara disambut antusias masyarakat setempat dengan arak-arakan budaya khas Lampung sebagai kehormatan dari masyarakat Pekon setempat. 

Sesampainya panggung acara, PM dan rombongan kembali disuguhkan dengan penampilan Tari Sembah Batin. 

Dalam acara tersebut, sebanyak tujuh (7) orang Peratin yang diambil sumpah dan dilantik di Kecamatan Batu Brak periode 2022-2028, tujuh peratin tersebut yakni : 

1. Sarnada dilantik sebagai Peratin Pekon Balak.

2. Sofyan Hadi dilantik sebagai Peratin Pekon Kegeringan.

3. Alamsyah dilantik sebagai Peratin Pekon Sukabumi. 

4. Indra Bangsawan dilantik sebagai Peratin Pekon Gunung Sugih. 

5. Anton Sabara dilantik sebagai Peratin Pekon Sukaraja. 

6. M. Amin dilantik sebagai Peratin Pekon Kerang. 

7. Iwan Susanto dilantik menjadi Peratin Pekon Teba Liokh.

Sedangkan Kecamatan Belalau Peratin yang diambil sumpah dan dilantik sebanyak tiga (3) Peratin periode 2022-2028, tiga Peratin tersebut yakni :

1. Ahmad Hendriyansyah, S.E dilantik sebagai Peratin Pekon Kejadian.

2. Herwin dilantik sebagai Peratin Pekon Sukarame. 

3. Sunandar dilantik sebagai Peratin Pekon Serungkuk.

Pada kesempatan itu, Bupati Lampung Barat Parosil Mabsus berharap kepada seluruh Peratin yang baru dilantik untuk dapat menjaga sebuah kesatuan dan bersinergi serta kompak dalam memajukan daerah. 

"Bila ada perpecahan dalam Pemilihan Peratin (Pilperatin) antar masyarakat maka, tugas Peratin adalah menyatukan kembali. Saya menaruh sebuah harapan kepada seluruh Peratin. Tugas Peratin atau pimpinan pekon adalah mengayomi masyarakat," ucap Parosil.

Dalam acara tersebut, Parosil berpesan kepada seluruh Peratin untuk dapat merangkul masyarakat dengan tujuan memajukan sebuah Pekon. 

"Kepada seluruh Peratin yang baru dilantik dapat merangkul seluruh masyarakat. baik itu yang memilih ataupun tidak memilih, baik itu yang senang ataupun tidak senang, tetapi dengan tidak membeda-bedakan maka insyaallah tujuan untuk memajukan sebuah daerah akan terwujud," kata dia.

Terkait Dana Desa (DD), Parosil mengatakan agar Peratin bisa manfaatkan Dana Desa dengan sebaik-baiknya, karena banyak Peratin yang tumbang akibat salah dalam mengelola Dana tersebut. 

"Saya harap kepada peratin yang baru dilantik, jangan sampai salah menggunakan dana desa ini," tekan Parosil. 

Selain itu, Parosil juga meminta seluruh peratin untuk berkolaborasi dengan tenaga kesehatan di pekon masing-masing disetiap Kecamatan dalam menangani masalah stunting.

"Masalah stunting ini adalah masalah kita semua, di Lampung Barat sendiri angka stunting masih terbilang tinggi. Oleh karena itu mari kita bersama-sama bahu membahu untuk menangani kasus ini," tutup dia.

Turut hadir dalam acara tersebut, Wakil Bupati Lampung Barat Drs. Mad Hasnurin, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (RI). Drs. Mukhlis Basri, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Lampung Barat, Perwakilan Kapolres Lampung Barat, Perwakilan Komando Distrik Militer (Kodim) 0422 Lampung Barat, Perwakilan Kejaksaan Negeri Lampung Barat, Kepala Kementerian Agama, Kepala Pengadilan Agama Krui, Kepala BPRS Lampung Barat, Pj. Sekretaris Daerah (Sekda) Lampung Barat, Camat Batu Brak dan Camat Belalau, serta tamu undangan lainnya. (Red/KN)


Author:

Etiam at libero iaculis, mollis justo non, blandit augue. Vestibulum sit amet sodales est, a lacinia ex. Suspendisse vel enim sagittis, volutpat sem eget, condimentum sem.