19/09/22

Road Show MKKS Diharapkan Berikan Motivasi Untuk Kemajuan Pendidikan

Loading...


Mesuji - Menuju SMK Unggul dan Lampung Berjaya, segenap Pengurus MKKS Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) se - Provinsi lampung melakukan Program  Road Show dan Pendampingan di kabupeten Mesuji Lampung selama 3 hari dari tanggal 18 s.d 20 September 2022.

Dimana, Program tersebut merupakan langkah Efektif yang diterapkan sebagai bentuk kebersamaan keluarga besar MKKS SMK Se Lampung untuk melakukan sinkronisasi kurikulum tentang kerja sama antara Industri ke SMK (IDUKA) dalam proses pengembangan pendidikan untuk meningkatkan sekolah SMK yang Bermutu serta Berkualitas. 

Hal itu Dikatakan  Ketua MKKS Provinsi Lampung Drs. Edi Harjito M.Pd saat melakukan Audiensi dan Ramah Tamah Bersama  yang turut dihadiri pula  Kepala bidang PSMK (pembina Sekolah Menengah Kejuruan) Disdikbud Provinsi Lampung Dra. Zuraida herustika MM. di Rumah Dinas Pj Bupati Mesuji Drs. Sulpakar MM. Jl.Za Pagar Alam, Desa Brabasan, Minggu Malam 18/09/2022. 

"Program ini merupakan Gagasan penting yang  diberikan Bapak  Sulpakar selaku Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung sekaligus Pj Bupati Mesuji, yaitu salah satu Ide beliau yang selalu memiliki Motivasi dan Inovasi bagaimana cara konsep mengembangkan potensi tingkat Pendidikan di Provinsi Lampung yang baik dan Berkualitas," ungkap Edi.

Karena itu' masih katanya,  dalam Program Road Show ini nantinya akan kita lakukan beberapa hal, seperti Pendampingan MKKS Kepada rekan kepala sekolah di mesuji bagaimana cara meningkatkan mutu sekolahnya, menyampaikan tentang program baku SMK itu yang telah termuat di Peta Jalan atau Road Met yang inti Utamanya adalah Sinkronisasi tentang sejauh mana peran kerja sama/MOU pihak Industri ke SMK di kabupaten Mesuji.

Selain itu, dalam hal ini nanti nya juga akan meanalisis berapa jumlah guru yang aktif, seperti berapa guru yang magang, berapa guru tamu dari pihak industri, dan berapa guru kejuruan kita yang sudah memiliki sertifikat kompetensi,serta berapa jumlah guru kejuruan yang telah memiliki sertifikat ASESO.

"Akan kita Kroscek berapa jumlah SMK yang telah mendapatkan BLUD, serta  terkait tentang Keterserapan Tingkat kelulusan seberapa persen Lulusan SMK kita yang diterima di industri. Sehingga ini akan menjadi tolak ukur dan penyeimbang kita bersama bagaimana kita dapat lebih meningkatkan lagi Packing pack Teorinya seperti apa kedepan," jelasnya.

Oleh sebab itu, tambah nya, dalam hal ini merupakan suatu penghormatan bagi kami dan ucapan terimakasih sebesar-besarnya, terkhusus atas nama keluarga besar Dunia Pendidikan Provinsi Lampung kepada bapak Sulpakar yang selalu mampu menciptakan Program  Inovasi disertai kebersamaan kami di dalamnya, dan semoga langkah ini dapat selalu  terlaksana dan terjaga sebagai program unggulan yang bermanfaat demi kemajuan dan perkembangan kualitas Pendidikan di Provinsi Lampung," harapnya.


Sementara pada kesempatan tersebut, Pj Bupati Mesuji Drs. Sulpakar MM, dalam sambutannya mengungkapkan rasa syukur dan katakan tegas bagaimana cara pengelolaan sekolah dan tentang penyampaian hal penting dalam melakukan peran pendidikan yang terbaik.

"Alhamdulillah, Rasa Syukur karena baru kali ini Mesuji dihadiri lengkap para pahlawan-pahlawan tanpa jasa yang selalu setia berjuang untuk menelorkan anak bangsa yang unggul dan berkualitas, dan inilah bentuk kebersamaan yang selalu diharapkan.

Perlu diketahui, SMK merupakan suatu kebanggaan karena masa depan anak justru terkadang terlahir dari SMK, karena itu sangatlah penting Program Kurikulum SMK harus dapat Macing dengan pihak industri dan Program seperti inilah yang harus kita lakukan," ungkap Sulpakar.

Karena itu lah mengapa saya selalu melakukan terobosan Inovasi yang dapat mengembangkan potensi guru dan siswa-siswi yang terbaik, sebab tanpa guru yang produktif dan memiliki kemampuan maksimal tidak akan mampu memperoleh anak-anak yang berkualitas.Oleh karenanya dengan Program unggulan yang kita miliki Mari kita Harus selalu kejar, karena kita bukan tertinggal,tetapi kita harus kejar untuk yang menjadi lebih maju," tegasnya.

"Ayo Kita lakukan yang terbaik, dan kebersamaan inilah yang sangat diharapkan, sampaikan apa yang memotivasi dalam menyemangati sekolah di tempat sekolah yang terpencil untuk mengajak ikut serta maju. Berikan contoh pola pembelajaran sesuai Road Met kita di SMK di desa terpencil khususnya yang ada di kabupaten Mesuji.

Tingkat kan jiwa Kedisplinan, tatanan sekolah dan administrasi Negara yang semakin baik, jaga dan kelola lah Pendidikan secara Proporsional, ikuti Azas ikuti Tatanan Hukum yang benar jangan sampai kita menjadi korban karena diri kita sendiri. Dan saya minta program ini terus dilanjutkan karna ini merupakan program penting untuk diterapkan demi meningkatkan Kompetensi  agar tidak tertinggal dan tidak ada kesenjangan perbedaan antara sekolah 1 dengan yang lainnya. 

Karena itu, Harapan melalui Program ini mampu Menjadi Study tiru sekaligus memberikan pola serta motivasi pembelajaran yang terbaik di tingkat SMK Se-provinsi lampung , bila perlu buatkan semacam panduan agar lebih terarah dan Maksimal dalam menjalankan peran yang sama-sama kita harapkan," tutupnya.

Diketahui, sebelumnya dilakukan pula kegiatan tabur 50 ribu ekor benih Ikan tawar dikolam galian di kompleks perkantoran pemkab mesuji dan dilanjutkan dengan  penanamana ratusan bibit Buah seperti Alpukat, mangga, manggis, pete, di ruang lingkup halaman Pemkab setempat.

Hal itu dilakukan sebagai bentuk kontribusi dan penghormatan rasa ucapan terimakasih jajaran pengurus MKKS SMK Provinsi Lampung kepada Pemerintah Kabupaten Mesuji dengan harapan bisa tumbuh ,berkembang dan bermanfaat juga kenangan dikemudian hari.  (Kotan)


Author:

Etiam at libero iaculis, mollis justo non, blandit augue. Vestibulum sit amet sodales est, a lacinia ex. Suspendisse vel enim sagittis, volutpat sem eget, condimentum sem.