01/12/22

PT. Wilmar Padi Indonesia Gelar Panen Raya Di Desa Palas

Loading...


Lampung Selatan - PT. Wilmar Padi Indonesia (WPI) yang bergerak dalam bidang pertanian mengadakan kegiatan Panen Raya di Desa Palas Jaya, Kecamatan Palas, Kabupaten Lampung Selatan pada Selasa (29/11).

PT. Wilmar Padi Indonesia adalah grup dari PT. Wilmar yang fokus untuk melakukan kemitraan dengan petani di Indonesia berupa kerja sama pendampingan dalam praktik budidaya yang baik.

Seperti yang dilakukan di Desa Palas Jaya, PT. WPI melakukan demonstration plot (demoplot) yang akan meningkatkan produksi panen setidaknya naik hingga 23-25%

Demoplot yang dilakukan PT. WPI adalah metode penyuluhan dan pendampingan pertanian kepada petani dengan cara membuat lahan percontohan agar petani dapat melihat dan membuktikan terhadap objek yang didemonstrasikan, seperti yang dilakukan pada program Panen Raya di desa Palas, Lampung Selatan.

Seperti diketahui, sektor pertanian di Provinsi Lampung memegang peranan penting, karena sebagian besar masyarakat Lampung bergantung pada sektor ini.

Pada Kesempatan itu, salah satu Ketua Kelompok Tani yang hadir, Legiman menjelaskan pihaknya antusias bergabung menjadi mitra demoplot karena ingin menambah pengalaman memanfaatkan pupuk non-subsidi dalam meningkatkan produktivitas serta perlindungan hama penyakit tanaman dari aplikasi pestisida.

"Kegiatan ini sangat penting untuk menambah pengetahuan bagi para petani, baik dari segi penamanan hingga perawatan padi yang baik dan benar, dan PT. WPI juga melakukan pendampingan terhadap para petani" ujar Legiman.

Legiman juga berharap agar kegiatan dan program seperti ini terus dilanjutkan, mengingat edukasi yang baik akan menciptakan hasil yang baik, Legiman menjelaskan bahwa hal ini sangat penting bagi petani dikemudian hari.

Di sisi lain, Kepala Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Palas Tarmijan, saat ditemui oleh awak media menjelaskan bahwa BPP merupakan wadah tempat pusat pembelajaran pertanian dan juga sebagai pusat konsultasi Agribisnis.

"BPP sangat terbuka dengan kegiatan tersebut, sehingga dikemudian hari terjadi inovasi dan perbaikan dan peningkatan pertanian petani ke depannya," terang Tarmijan.

Demoplot Pergunakan 18 Hektar Lahan PT. WPI tercatat melakukan demoplot di 12 titik dengan total penggunaan lahan seluas 18 hektar yang tersebar di wilayah Kabupaten Lampung Selatan dan Kabupaten Lampung Timur, dengan rata-rata penggunaan 1 wilayah demoplot seluas 1,5 hektar.

Kepala Pabrik Wilmar Padi Indonesia, Arya Irfandika menjelaskan dari hasil panen 12 titik demoplot yang dilakukan ternyata terjadi peningkatan hasil dan peningkatan pendapatan penerimaan yang diterima Petani binaan demoplot. 

"Dengan persentase kenaikan meningkat 23-25 % atau terjadi peningkatan hasil 1.000 sampai dengan 1.400 kg /ha, jika di nominalkan dalam bentuk rupiah peningkatan penerimaan mencapai Rp. 5.000.000 sampai dengan Rp. 7.000.000 /ha." ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Tim Pengembangan Program Andi Bachtiar menjelaskan, adapun tujuan diadakannya Panen Raya demoplot PT. Wilmar Padi Indonesia adalah memberikan wadah tempat pembelajaran, riset dan pengembangan inovasi serta peningkatan pertanian.

"Memberikan informasi kepada Petani keuntungan yang akan didapatkan dari produk kemitraan padi PT. Wilmar Padi Indonesia dan mewujudkan rasa syukur atas keberhasilan panen padi di Lampung Selatan," terang Andi.

Tampak hadir dalam kegiatan Panen Raya tersebut Kepala Bidang Pangan Provinsi Lampung, Ida Rachmawati yang berharap dengan adanya kegiatan Panen Raya yang di adakan oleh PT. WPI ini dapat membantu meningkatkan peningkatan hasil panen yang lebih baik lagi.

Nanda Pradana, yang merupakan Ketua Pelaksana kegiatan Panen Raya tersebut menjelaskan bahwa PT. WPI sudah menjalin komunikasi kepada Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan jauh sebelum dilaksanakannya kegiatan Panen Raya ini.

"Kami sudah melakukan audiensi kepada pemerintah daerah mengenai kegiatan Panen Raya ini, dan alhamdulillah kegiatan Panen Raya Demoplot ini dapat berjalan dengan baik" ungkapnya.

"Kita tentunya berharap petani dapat bersama sama mampu meningkatkan hasil pertanian berdasarkan hasil riset dan demo yang sudah kita lakukan." harap Nanda.

Nanda juga menjelaskan bahwa dalam kegiatan Panen Raya tersebut beberapa pihak dari pemerintah Lampung Selatan turut menghadiri kegiatan tersebut.

Hadir dalam kegiatan Panen Raya tersebut Plt. Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Lampung yang diwakili Kepala Bidang Tanaman Pangan.

Bupati Lampung Selatan, Nanang Ermanto yang diwakili Staf Ahli Bidang Ekonomi Pembangunan dan kemasyarakatan, hadir juga Kepala Dinas Ketahanan Pangan Lampung Selatan.

Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan yang diwakili oleh Kepala Bidang Tanaman Pangan Kabupaten Lampung Selatan.

Tampak juga dihadiri oleh Danramil Palas, Kapolsek Palas dan Kepala UPT BPP Palas. (Rls)


Author:

Etiam at libero iaculis, mollis justo non, blandit augue. Vestibulum sit amet sodales est, a lacinia ex. Suspendisse vel enim sagittis, volutpat sem eget, condimentum sem.