24/01/23

Berubah Secara Progresif Bersama BBU ITB XIX

Loading...

 


Lampung - Bulan Bakti Ubala (BBU) ITB yang memasuki tahun ke-19 kembali hadir tahun ini. BBU ITB merupakan suatu kegiatan yang diselenggarakan oleh para mahasiswa ITB asal Lampung sebagai wujud pengabdian kepada Provinsi Lampung, daerah asal mereka, setelah merantau untuk berkuliah. Seperti tahun-tahun sebelumnya, BBU ITB XIX mempersembahkan berbagai rangkaian acara yang menarik dan bermanfaat, terutama bagi para siswa SMA. Rangkaian acara tersebut meliputi BBU Online Class, BBU Membumi: Pengabdian Masyarakat, Roadshow Sekolah, LCT dan Drawing Test, Gerakan Goceng, serta Main Event. Keseluruhan acara tersebut dirancang sesuai tema yang dibawakan oleh BBU ITB XIX, yaitu perubahan progresif.

BBU Online Class

Rangkaian acara BBU ITB XIX dibuka dengan BBU Online Class yang diadakan pada 21 dan 23 Desember 2022. BBU Online Class, kelas gratis dengan pengajar mahasiswa ITB asal Lampung, dibentuk sebagai wujud dukungan kepada para pelajar yang sedang berjuang mempersiapkan ujian masuk perguruan tinggi negeri. Sekalipun diselenggarakan oleh mahasiswa asal Lampung, BBU Online Class terbuka bagi seluruh pelajar Indonesia, bahkan pelajar gapyear. Kelas yang diadakan secara daring melalui Zoom ini dihadiri oleh 224 pelajar yang siap mempelajari materi Penalaran Umum, Pengetahuan Kuantitatif, Pemahaman Bacaan dan Menulis, Pengetahuan dan Pemahaman Umum, Penalaran Matematika, Literasi dalam Bahasa Indonesia, serta Literasi dalam Bahasa Inggris. 

BBU Membumi: Pengabdian Masyarakat

Tidak hanya kepada para siswa SMA, BBU ITB XIX juga membawakan tema perubahan progresif kepada sebuah desa di wilayah Lampung melalui kegiatan BBU Membumi. Tahun ini, kegiatan yang diikuti oleh 42 massa ini dilakukan di Pekon Lugusari, sebuah desa yang berlokasi di daerah Pringsewu, pada tanggal 28-29 Desember 2022. Warga desa tersebut memiliki ketertarikan untuk membuat tapis hingga desanya mendapat julukan “Desa Wisata Tapis”. Selain tapis, masyarakat Pekon Lugusari juga sangat bersemangat dalam mengembangkan budidaya tanaman, baik di sawah maupun melalui polybag. 

Pada hari pertama, acara diisi dengan pembagian materi perubahan progresif yang dikemas dalam sebuah permainan bersama para pemuda desa. Menjelang petang, massa bersama masyarakat desa melakukan kegiatan bersama, seperti bermain bola, voli, senam, dan sebagainya. Kemudian, pada hari kedua, massa diajak untuk merasakan rutinitas masyarakat setempat, yaitu menanam di sawah. Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi digital marketing oleh mahasiswa jurusan manajemen ITB asal Lampung, Aulia Azzahra. Materi tersebut menjadi isu utama yang ingin diangkat pada kegiatan ini karena sekalipun terkenal akan karya tapisnya, pemasaran di Pekon Lugusari masih kurang efektif. Setelah pemaparan materi, massa ikut menenun tapis bersama masyarakat desa. Kegiatan BBU Membumi ditutup dengan penyerahan donasi serta plakat kepada kepala desa.

Roadshow Sekolah

Roadshow sekolah menjadi salah satu rangkaian acara BBU ITB yang sangat ditunggu-tunggu setiap tahunnya. Kegiatan ini diharapkan mampu membakar semangat para pemuda untuk terus mengejar pendidikan hingga ke perguruan tinggi, khususnya perguruan tinggi negeri. Tahun ini, BBU ITB XIX mengadakan roadshow ke 49 sekolah di Provinsi Lampung, terkecuali daerah Lampung Barat dan Pesawaran, mulai tanggal 2-13 Januari 2023. Dari 49 sekolah, delapan sekolah mendapatkan pemaparan materi secara online melalui Zoom. 

Uniknya, tahun ini, BBU ITB XIX juga melaksanakan diseminasi khusus, yaitu roadshow ke sekolah-sekolah dengan lokasi yang cenderung jauh dari pusat kota serta akses sulit. Hal ini menjadi bentuk kepedulian BBU ITB XIX agar para siswa di daerah tersebut mendapat kesempatan yang sama, dengan para siswa yang berasal dari sekolah atau daerah yang dianggap lebih “potensial”, dalam memperoleh informasi. Saat diseminasi khusus, BBU ITB XIX mengunjungi empat sekolah di daerah Tulang Bawang Barat, dua sekolah di Lampung Tengah, serta satu sekolah di Lampung Timur. Sepanjang roadshow dan diseminasi khusus, panitia membawakan materi mengenai jalur masuk PTN, fakultas dan jurusan di ITB, biaya pendidikan di ITB, beasiswa, serta materi yang secara khusus dibuat panitia, yaitu perubahan progresif.

Lomba Cepat Tepat dan Drawing Test

Tidak lupa pula, BBU ITB XIX turut  mengadakan Lomba Cepat Tanggap (LCT) dan Drawing Test sebagai wadah kompetisi para siswa serta mengenalkan mereka pada portofolio seni. Lomba Cepat Tanggap ini diselenggarakan di SMAK BPK Penabur Bandar Lampung pada 7 Januari 2023, pukul 09.30 hingga 17.00 WIB. Terdapat 19 regu, yang terdiri dari tiga peserta setiap regu, dari kelas X hingga XII di berbagai SMA/sederajat Provinsi Lampung. Materi yang diujikan pada LCT ini terdiri dari pelajaran Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi kelas X sampai XII Semester 1. Setelah melalui berbagai babak, SMA Al-Kautsar Bandar Lampung (Regu A) berhasil meraih peringkat pertama, diikuti SMAN 1 Pringsewu sebagai juara kedua, dan SMA Al-Kautsar Bandar Lampung (Regu B) sebagai juara ketiga.

Drawing Test yang diadakan keesokan harinya juga tidak kalah seru. Drawing Test diselenggarakan di lokasi yang sama dengan LCT, SMAK BPK Penabur Bandar Lampung, pada 8 Januari 2023, pukul 09.00 hingga 15.00 WIB. Drawing Test dihadiri oleh 22 peserta bertalenta dari berbagai siswa kelas X hingga XII di SMA/sederajat Provinsi Lampung. Pada Drawing Test kali ini, terdapat dua gambar yang harus dikerjakan oleh peserta, yaitu Gambar Suasana dan still-life. Pada gambar suasana, peserta diwajibkan untuk memilih satu dari tiga tema yang ditentukan panitia dan menggambarnya, sedangkan pada gambar still-life, peserta diharuskan untuk menggambar objek-objek yang berada di depan mereka, yaitu taplak meja, pisau, gelas, buah jeruk, botol semprotan, dan talenan. 

Setelah perlombaan, terdapat pemberian materi tips and tricks mengenai portofolio seni, pengenalan FSRD ITB, serta feedback mengenai hasil gambar peserta oleh mahasiswa FSRD ITB. Berdasarkan penilaian juri dan jumlah like terbanyak untuk juara favorit, ditentukan Dyah Cahyani dari SMA Al-Kautsar Bandar Lampung sebagai juara satu Drawing Test, diikuti Fatimah Abida Delbar dari SMA Al-Kautsar Bandar Lampung sebagai juara dua, Shafa Alganiyu Yazid dari SMAN 5 Bandar Lampung sebagai juara tiga, serta Siti Nurhayati dari SMAN 1 Pringsewu sebagai juara favorit. 

Gerakan Goceng

Rangkaian acara BBU ITB XIX juga dilengkapi dengan kegiatan penggalangan dana yang ditujukan untuk anak-anak Pekon Lugusari dan Panti Asuhan Maskanul Aitam Bandar Lampung. Melalui nama Gerakan Goceng, dengan Goceng yang memiliki arti lima ribu Rupiah, BBU ITB XIX berharap semua orang menyadari bahwa sekecil apapun bantuan yang kita berikan akan memberikan dampak dan kontribusi dalam membangun masa depan anak-anak yang kurang beruntung. Penggalangan dana dilakukan melalui situs Kitabisa.com sejak 17 Desember 2022 sampai 13 Januari 2023 hingga akhirnya terkumpul Rp 1.500.000,00. Sebagian dana didonasikan untuk membeli keperluan sekolah sepuluh anak-anak Pekon Lugusari, seperti pulpen, pensil, buku tulis, pensil warna, dan buku gambar. Barang donasi diberikan pada 29 Desember 2022 saat kegiatan BBU Membumi. Sebagian dana lagi didonasikan secara tunai kepada Panti Asuhan Maskanul Aitam Bandar Lampung pada 13 Januari 2023. Sekalipun sudah didonasikan dua kali, saat ini masih terdapat dana yang belum didonasikan dan penggunaannya akan segera direncanakan, tetapi yang pasti akan didonasikan untuk keperluan masyarakat Lampung.

Main Event

Main Event, yang diadakan pada 14 Januari 2023 di Gedung Sumpah Pemuda PKOR, menjadi acara puncak sekaligus penutup seluruh rangkaian acara BBU ITB XIX. Acara yang dimulai pada pukul 09.00 hingga 16.00 WIB dan dihadiri oleh 295 peserta ini diisi dengan berbagai mata acara, yaitu Talkshow “Perubahan Progresif” dengan Kak Indah Shafira Zata Dini, B.Soc.Sc, Ed.M, mahasiswa lulusan Harvard University yang berasal dari Lampung, sharing session oleh KGS M. Kaisar Dee Rabbani, mahasiswa FTI ITB yang berasal dari Lampung, orasi fakultas ITB, salam Ganesha yang menjadi salam khas ITB, stand fakultas, dan penampilan Band Artikata. Keesokan harinya, pada tanggal 15 Januari 2023, dilaksanakan Try Out secara Online melalui platform Ruang Guru. 

Seluruh kegiatan BBU ITB XIX diharapkan mampu menginisiasi perubahan progresif pada pelajar dan masyarakat Lampung. Sekalipun sudah berakhir, panitia tetap berharap, terdapat sesuatu yang tetap tersimpan dalam diri masyarakat Lampung dan dapat mereka manfaatkan untuk menciptakan Provinsi Lampung yang lebih baik lagi. Selain itu, panitia juga berharap, masyarakat dapat menyadari sekalipun mereka belum seunggul Pulau Jawa, mereka tidak tertinggal dan dapat menggapai cita-cita seperti masyarakat Pulau Jawa selama mereka mau berusaha dan perjuangan itu dilakukan terus menerus. (*)


Author:

Etiam at libero iaculis, mollis justo non, blandit augue. Vestibulum sit amet sodales est, a lacinia ex. Suspendisse vel enim sagittis, volutpat sem eget, condimentum sem.