19/01/23

Pekon Sinarsemendo Kecamatan Talangpadang Gelar Musrenbang, Kakon Pimpin Langsung Kegiatan Tersebut

Loading...

 


TANGGAMUS--Laksanakan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Pekon Sinarsemendo, Kecamatan Talangpadang, tahun 2023 dibuka langsung oleh Kepala Pekon Yulistina Heryanti, S.Pd, bertempat balai pekon setempat, Rabu, (18/01/23).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Talangpadang, Ubaidillah, S.E, Kasi Pembangunan Kecamatan, Sri Ordanella, Bhabinsa Koramil Talangpadang, Nazwardi, BHP, perwakilan Kacabjari Talangpadang, Wahyu, perwakilan dari SDN 1 dan 2 Sinarsemendo, KUA Talangpadang, Ketua Bumdes, Habibullah dan tokoh masyarakat.

Kegiatan wajib yang biasa dilakukan tiap tahun tingkat Pekon tersebut dibuka langsung oleh Kepala Pekon Sinarsemendo, Yulistina Heryanti, S.Pd. Kakon menerangkan Pekon Sinarsemendo telah selesaikan melaksanakan tahapan Pekon untuk Dana Desa (DD). 

"Kami Sudah melaksanakan tahapan Musdus, Musdes, RAKP, Persentasi APBP, hingga Penetapan APBP untuk di tahun Anggaran Dana Desa (ADD) tahun 2023. Duduk kita disini, untuk mengusulkan ke Kabupaten di anggaran APBD dan APBN tahun 2023, usulan masyarakat di tahun 2021 telah terealisasi adanya drainase di aliran siring dusun 2 hingga dusun 1 di tahun 2022 kemarin. Adapun tahun ini seperti pengajuan beronjong, disisi kantor veteran yang hingga saat ini masih belum terealisasi masih akan terus kita ajukan, juga pengajuan-pengajuan lainnya," kata Kakon. 

Mewakili Camat Talangpadang, Agustam Hamied, S.E, Sekcam, Ubaidillah, S.E, menerangkan Musrenbang ini tidak membahas Dana Desa, tapi usulan masyarakat untuk ke Kabupaten, Provinsi hingga pusat.

"Anggaran yang akan digunakan Pemerintah dalam membangun Desa-desa dipengajuan Musrenbang ini sumber dana nya APBD tidak terkait Anggaran Dana Desa. Mengingat di tahun 2020, 2021, 2022, terkendala Covid-19 mudah-mudahan nanti tahun 2023, apa yang kita usulkan bisa terealisasi. Dan tambahan, apa yang akan di ajukan untuk lengakap, kalau untuk pembangunan yaitu ukuran," terangnya.

Ubaidillah juga menjelaskan, proses Musrenbang ini sebagai acuan pemerintah dalam melaksanakan pembangunan di tahun mendatang, "Nanti, setelah dari sini kita ke Kecamatan, lalu akan di bawa oleh pak Camat ke Musrenbang Kabupaten. Usulan jangan hanya di infrastruktur tapi pemberdayaan juga di ajukan," tutupnya. 

(ROBI)


Author:

Etiam at libero iaculis, mollis justo non, blandit augue. Vestibulum sit amet sodales est, a lacinia ex. Suspendisse vel enim sagittis, volutpat sem eget, condimentum sem.