KONKRIT NEWS
25/01/17, 25.1.17 WIB
Last Updated 2017-01-26T20:26:18Z
Nasional

"Saya Bukan Kafir" Itu Kata Ahok Di Sidang Ketujuhnya

Advertisement
 
Proses Sidang Ke-7 Ahok

Konkritnews.com, Jakarta- Wajah Ahok terlihat memerah. Nada suaranya terdengar meninggi ketika mengungkapkan keberatan atas keterangan saksi pelapor, Muhammad Asroi Saputra.
"Saya tegaskan, saudara mengerti kitab suci, baik. Di situ ditegaskan Isa ada di Alquran. Saya percaya Yesus Tuhan dan (saya) bukan kafir. Saya keberatan Anda sebut saya kafir," kata Ahok di auditorium Kementerian Pertanian, Jakarta Selatan, Selasa (24/1/2017).

Seketika suasana ruang sidang pun menjadi hening. Semua terdiam. Adik Ahok, Fify Lety Indra, yang duduk di sampingnya mencoba menenangkan dengan mengelus-elus punggung Ahok.

Sesaat kemudian, suara Ahok kembali terdengar. Dia menunjuk dirinya sendiri, dengan nada tinggi menegaskan bahwa tiap warga negara berhak bertuhan sesuai dengan sila pertama Pancasila.
"Saya bertuhan dan saya percaya Yesus Tuhan. Dan adalah hak saya di negara Pancasila dan sebagai WNI di negara Pancasila saya berhak menjadi apa pun di negeri ini," tegas pria bernama lengkap Basuki Tjahaja Purnama ini.

Murka Ahok terpantik dengan pernyataan dari saksi pelapor, Asroi. Dalam kesaksiannya, PNS Kementerian Agama itu diminta hakim untuk menjelaskan tentang kandungan surat Almaidah ayat 51 tersebut.

"Saya tidak bisa menafsirkan, tapi sepengetahuan kami tidak boleh memilih pemimpin kafir," kata Asroi dalam sidang di Gedung Kementan, Jakarta.

Atas pernyataan itu, hakim kemudian kembali menggali definisi kafir tersebut. Asroi pun menegaskan, bahwa semua orang di luar Muslim dan tidak bersyahadat, masuk dalam sebutan itu.
"Kalau yang mengucapkan (dua kalimat Syahadat) tidak kafir, berarti dia Muslim," jelas Asroi.

Setelah kesaksian itu berakhir, Asroi menyalami majelis hakim. Tak lupa dia kemudian menghampiri dan menyalami Ahok. Saat berjabat tangan, penghulu di KUA Padangsidempuan itu mencoba memeluk Ahok. Dalam pelukan itu, Ahok kembali menegaskan dirinya bukan kafir.
"Saya bukan kafir," kata Ahok sambil menggelengkan kepalanya. (Net/Kn)