KONKRIT NEWS
24/11/21, 24.11.21 WIB
Last Updated 2021-11-24T11:20:52Z
lampung utara

Pelantikan PC IMM Lampura, Bupati: Negara Cepat Menguasai Negara Lambat

Advertisement

 


Lampung Utara - Dalam sejarah perjuangan bangsa, seringkali gerakan mahasiswa menjadi cikal bakal perjuangan nasional. Begitupun dengan gerakan dari para Mahasiswa sekarang, juga memiliki semangat nasionalisme kebangsaan, yang tak jemu turut ambil bagian bagi kemaslahatan umat.

Hal itu dikatakan Bupati Lampung Utara H. Budi Utomo, S.E.,M.M., saat memberikan sambutan pada acara Pelantikan Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Lampung Utara Periode 2021-2022 di Sekretariat Angkatan Muda Muhammadiyah, Rejosari, Rabu (24/11/2021). 

Berbicara peran Mahasiswa, menurut Bupati, ada dua peran penting yang dimiliki. Yakni, sebagai Agent of change atau agen perubahan dan sebagai agent of social control. Dimana peran pertama ini, seorang Mahasiswa haruslah mampu menawarkan perubahan paradigma baru kepada masyarakat mengikuti perubahan zaman. 

“Kita tahu bahwa kemajuan teknologi semakin pesat. Karena itu, sekarang ini bukan lagi persoalan Negara Besar menguasai Negara Kecil, tetapi Negara Cepat menguasai Negara Lambat,” ujar Bupati.

Terlebih, di tengah keterpurukan dunia akibat pandemi Covid-19 sangat diperlukan kecepatan dan kepekaan dalam menangkap sebuah peluang, dengan menyingkirkan berbagai hambatan, yang salah satunya melalui pemanfaat kemajuan teknologi. “Disinilah peran Mahasiswa sebagai kaum intelektual muda untuk dapat mendorong masyarakat agar melek teknologi supaya tidak ketinggalan dengan bangsa lain,” ucap Bupati.

Sementara poin kedua tentang agent of social control, sambung Bupati, bagaimana seorang Mahasiswa harus mampu menempatkan dirinya sebagai kaum tengah, berada di antara masyarakat dan Pemerintah. Pada satu sisi Mahasiswa akan menjadi penyambung lidah rakyat, dan pada sisi lain mahasiswa akan menjadi rekan Pemerintah dalam upaya menyukseskan berbagai program yang berimplikasi baik bagi kehidupan masyarakatnya. 

“Maka peran inilah yang seharusnya diambil mahasiswa, dimana selain menyuarakan aspirasi masyarakat, juga harus bersinergi dan berkolaborasi dengan Pemerintah,” jelas Bupati.

Untuk itu, Bupati mendorong agar generasi muda dapat eksis mendayagunakan segenap potensi yang dimiliki, dengan tetap menjaga kerukunan dan kedamaian, menjaga persatuan dan kesatuan, serta terus berjuang bersama membangun Kabupaten Lampung Utara agar senantiasa Aman, Agamis, Maju dan Sejahtera.

“Atas nama pribadi dan selaku Pimpinan Daerah Kabupaten Lampung Utara, saya mengucapkan selamat kepada Adik-adik Mahasiswa yang pada hari ini dilantik menjadi Pengurus Cabang Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Lampung Utara Periode Tahun 2021-2022. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan bimbingan, kekuatan dan perlindungan kepada kita semua. Aamiin Ya Robbal Aalamin,” pungkas Bupati.

Sementara itu, Ketua Umum PC IMM Lampung Utara Firmansyah Atik, S.H., mengaku membutuhkan dukungan dari semua pihak dalam mengemban amanah yang diwariskan dari ketua umum sebelumnya agar roda organisasi berjalan baik.

Acara dilanjutkan dengan Dialog Publik bertajuk Meneguhkan Kolaborasi Pembangunan Guna Lampung Utara yang Berkemajuan. Pematerinya, Ketua DPRD Kabupaten Lampung Utara Romli, A.Md., Kepala Ombudsman Provinsi Lampung Nur Rakhman Yusuf, S.Sos., Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Lampung Utara Andi Wijaya, S.T.,M.M., dah Pembina Angkatan Muda Muhammadiyah (AMM) Suwardi, S.H.,M.H. (AlbeT/Rudi)