KONKRIT NEWS
19/02/22, 19.2.22 WIB
Last Updated 2022-03-10T16:04:11Z
DPRD Lampung

IP-WK, Aan Inginkan Pemuda dan Masyarakat Tanjung Sari Faham Makna Pancasila Secara Utuh

Advertisement

 


Lampung - “Beri aku 10 pemuda niscaya akan kuguncangkan dunia” berikut kutipan pembuka dari Sekretaris Komisi II DPRD Provinsi Lampung, Sahlan Syukur, pada saat Sosialisasi Pembinaan Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan (IP-WK), yang digelar di Desa Purwodadi Dalam, Kecamatan Tanjung Sari Kabupaten Lampung Selatan. Sabtu (19/02/2022).

“Pada kesempatan yang baik ini, saya tegaskan bahwa  kutipan Bung Karno tentang Beri aku 10 pemuda niscaya akan kuguncangkan dunia. Bisa menjadi dasar pemuda di Purwodadi Dalam untuk mengeksplor kemampuan diri melalui langkah – langkah yang positif dengan mengacu dasar negara, yaitu Pancasila,” kata Anggota DPRD Lampung, Sahlan Syukur.

Menurutnya, pada kesepampatan yang digelar pihaknya perlu mempertanyakan kepada para pemuda dan masyarakat Purwodadi Dalam tentang, yakinkah kita masih ingat Pancasila, dan butir – butir Pancasila. Hal tersebut, bertujuan untuk memberikan rasa aman, dan rasa persaudaraan yang terjadi dilingkungan sekitar. Sehingga, Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, UUD benar terimplementasi dalam kehidupan sehari – hari.

“Generasi pemuda menjadi modal negara ini bisa berkembang untuk maju. Dengan catatan, pemuda yang punya modal dan kualitas. Saya yakin, pemuda di Purwodadi Dalam benar – benar faham akan makna dan butir – butir pancasila. Disini, saya hadirkan dua Narasumber, silahkan gali dan cari tahu secara utuh, tentang Pancasila,” ujarnya. 

Lebih lanjut, Aan sapaan akrabnya mengaku. Kehadirannya dihadapan masyarakat Purwodadi Dalam merupakan tugas yang diamanatkannya sebagai anggota legislatuf. Dengan target, dan tujuan menginginkan masyarakat Lampung dan Lampung Selatan mampu berfikir cerdas serta tegas menyikapi faham yang bertentangan dengan Pancasila.

“Saya hadir dihadapan adik – adik, para pemuda dan masyarakat disini diperintahkan oleh UU, untuk mensosialisasikan pancasila, Ideologi, arah bangsa negara. Untuk menjadikan bangsa ini bisa disandingkan dengan bangsa lain,” tegasnya. 

Selain itu, Aan juga berharap pemuda Purwodadi Dalam punya mimpi dan cita – cita yang tinggi. Sebab, Dihadapan kalian adalah anggota DPRD yang bakal pesiun. Artinya, janganlah lama – lama berfikir bahwa kalianlah yang bisa berada di legislatif, bahkan setingkat Menteri.

“Nah, untuk mencapai kesana. Tentunya, pemuda disini harus cerdas. Pantaskan diri kalian untuk mencapai dan menggapai cita – cita itu. Minimal pemuda bisa cerdas dalam bersikap, dan berbangsa serta bermasyarakat dengan mengamalkan nilai – nilai yang jelas sudah diatur dalam Pancasila,” tegasnya. (*)