KONKRIT NEWS
28/02/23, 28.2.23 WIB
Last Updated 2023-02-28T13:02:20Z
Mesuji

SMAN 1 Way Serdang Peringati Isra Mi'raj

Advertisement

 


Mesuji - Isra Mi'raj adalah dua perjalanan yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW dalam waktu satu malam. Kejadian ini merupakan salah satu peristiwa penting bagi umat Islam. Sebab, pada peristiwa ini Nabi Muhammad SAW mendapat perintah untuk menunaikan salat lima waktu sehari semalam.


Mengingat pentingnya Isra Miraj  maka peristiwa itu diperingati setiap tahunnya oleh umat Islam di dunia. Tak terkecuali di SMA Negeri 1 Way Serdang. Dengan digawangi oleh Rohis, SMA Negeri 1 Way Serdang menggelar acara peringatan Isra Mi'raj pada 21 Februari 2023. 


Acara ini menghadirkan Ustadz Hariyanto, S. Pd.I  dari Tulang Bawang Barat, dan dihadiri oleh tamu undangan diantaranya Camat Way Serdang, Kapolsek Way Serdang, Kepala KUA Way Serdang, Kepala Puskesmas Bukoposo, kepala Kampung Bukoposo, bapak ibu guru SMA Negeri 1 Way, serta seluruh siswa-siswi SMA Negeri 1 Way Serdang yang beragama Islam. 


Di awal acara tampil Dedi Kurniawan, siswa kelas XII IPS.2  yang menyampaikan kultum tentang "Pentingnya menjaga pandangan bagi remaja". Materi ini disampaikan  Dedi  karena dia melihat semakin banyaknya  remaja yang terjerat dalam pergaulan bebas. 


Pada acara inti  tausiyah,  Ustad Hariyanto menyampaikan tentang keutamaan sedekah.  Sedekah atau shadaqah adalah pemberian sesuatu kepada seseorang yang membutuhkan, semata-mata hanya mengharap ridha Allah Swt. Dengan kata lain sedekah adalah suatu pemberian yang diberikan oleh seorang muslim kepada orang lain secara sukarela tanpa ditentukan jumlahnya. 


Nabi Muhammad   bersabda, “Sedekah itu dapat menghapus dosa sebagaimana air itu memadamkan api“. (HR. At-Tirmidzi). Sedekah, itulah cara mudah yang disediakan Allah agar dapat mengikis perbuatan-perbuatan dosa kita.


Di bagian akhir ustad Haryanto mengharapkan agar siswa-siswi SMA Negeri 1 Way Serdang meneladani sikap Rasulullah dalam bersedekah. Sedekah, itu cara mudah yang disediakan Allah agar dapat mengikis perbuatan-perbuatan dosa kita. Cukup dengan tersenyum saja, maka kita  sudah bersedekah karena senyum adalah salah satu sedekah termudah yang dapat kita sebarkan dengan mengukir garis senyum di bibir kita. (*)