KONKRIT NEWS
28/02/23, 28.2.23 WIB
Last Updated 2023-02-28T12:59:42Z
Mesuji

Memasuki Kurikulum Merdeka, SMAN 1 Way Serdang Gelar IHT IKM Guna Membentuk Profil Pelajar

Advertisement

 


Mesuji - Tahun pelajaran 2023/2024 SMA Negeri 1 Way Serdang direncanakan akan mengimplementasikan kurikulum merdeka belajar.  Kurikulum merdeka adalah metode pembelajaran yang mengacu pada pendekatan bakat dan minat. Para pelajar dapat memilih pelajaran apa saja yang ingin dipelajari sesuai passion yang dimilikinya.


Berkaitan dengan hal tersebut SMA Negeri 1 Way Serdang melakukan berbagai persiapan-persiapan. Salah   satu persiapan yang dilakukan adalah dengan melaksanakan "IHT Implementasi Kurikulum Merdeka, dalam Rangka  Membentuk Profil Pelajar Pancasila. "  Acara IHT dihadiri oleh kurang lebih  40 guru,  terdiri atas   guru SMA Negeri 1 Way Serdang dan  guru SMA Negeri 2 Way Serdang. 


IHT dilaksanakan di ruang multimedia SMA Negeri 1 Way Serdang pada 23-25  Februari 2023, dengan dibuka oleh Kacabdin Wilayah 7 Dinas Pendidikan Provinsi Lampung, Bapak Drs. Joko Santoso, M. Pd. Kegiatan IHT menghadirkan dua narasumber yaitu Drs. Joko Sihwidi, M.M dan Cicik Suryani, M.Pd. Kedua narasumber  merupakan pengawas tingkat SMA  dari  Dinas Pendidikan Pendidikan provinsi Lampung.


"Apa yang kita berikan untuk anak-anak adalah sebuah kenangan. Maka berikanlah kenangan yang terbaik. Kenangan  itu akan jadi ingatan jangka panjang dalam kehidupan mereka. Ajarkan mereka kebiasaan yang baik, karena kebiasaan yang baik itu akan jadi sebuah budaya yang baik. Guru yang baik memiliki pengelolaan yang baik dalam pembelajaran."  pesan Bapak Kacabdin dalam sambutannya.


Salah satu point' menarik dari materi yang disampaikan oleh narasumber Drs. Joko Sihwidi, M.M adalah tentang keunggulan kurikulum merdeka belajar "Peserta didik tidak dipaksa untuk mempelajari mata pelajaran yang tidak disukainya, mereka bisa memilih mata pelajaran apa yang ingin dipelajari dan sesuai dengan minat serta bakatnya, pembelajaran terasa lebih menyenangkan karena disesuaikan dengan tingkat kompetensi peserta didik di setiap fase,  peserta didik tidak dipaksa atau diburu-buru untuk menguasai suatu mata pelajaran, dan peserta didik akan terbiasa untuk menerapkan pola pikir kritis melalui pembelajaran berbasis proyek dengan melibatkan Profil Pelajar Pancasila" 


Dalam paparan materinya Ibu Cicih Suryani, M. Pd menyampaikan  "Profil Pelajar Pancasila merupakan sejumlah ciri karakter dan kompetensi yang diharapkan untuk diraih oleh peserta didik, yang didasarkan pada nilai-nilai luhur Pancasila.  Profil Pelajar Pancasila memiliki 6 dimensi dan beberapa elemen di dalamnya, beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia,  berkebinekaan global,  mandiri, bergotong royong,  bernalar kritis, dan  kreatif," ujarnya.


Dalam wawancara  sebelum pelaksanaan IHT kepala SMA Negeri 1 Way Serdang Ken Wororini, S. Pd memberikan pernyataan, "Tahun pelajaran 2023/2024 SMA Negeri 1 Way Serdang siap menerapkan kurikulum merdeka belajar. IHT ini diharapkan bisa membuka mind sett para guru untuk lebih memahami tentang serba serbi kurikulum merdeka belajar". (*)