KONKRIT NEWS
29/06/24, 29.6.24 WIB
Last Updated 2024-07-04T06:50:39Z
UINRIL

Mahasiswa KKN Siger Berjaya Hadiri Tradisi Manjau Maju Adat Saibatin

Advertisement



Limau, Tanggamus – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Siger Berjaya Kelompok 38 yang terdiri dari gabungan mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung (RIL), Universitas Lampung (Unila), Institut Teknologi Sumatera (Itera) turut serta dalam melestarikan tradisi Manjau Maju Adat Saibatin di Pekon Banjar Agung, Kecamatan Limau, Kabupaten Tanggamus, Jumat (28/06/2024).


Acara ini dilaksanakan pada malam hari sebelum akad nikah dan merupakan adat yang masih sangat lestari di masyarakat setempat.


Sebelum pengantin wanita dipamerkan kepada masyarakat, terlebih dahulu dilakukan prosesi bersalaman dengan didampingi oleh dua orang pendamping. Kemudian, dilanjutkan dengan berganti busana adat. Diiringi tabuhan rebana, masyarakat yang hadir memeriahkan acara dengan menyanyikan pantun khas Lampung yang berisi nasihat tentang persaudaraan.


Menurut masyarakat setempat, kegiatan Manjau Maju bertujuan untuk memperkenalkan pengantin kepada masyarakat dan lingkungan tempat tinggalnya agar dapat lebih mudah beradaptasi dengan lingkungan sosial. 


Acara ini kemudian dilanjutkan dengan makan bubur kacang hijau bersama warga, dan diakhiri dengan tradisi “bujang gadis” yaitu lempar selendang.


Tradisi Manjau Maju Saibatin merupakan salah satu kekayaan budaya Lampung yang perlu terus dilestarikan. Melalui partisipasi aktif dari mahasiswa KKN Siger Berjaya Kelompok 38, diharapkan tradisi ini dapat semakin dikenal dan dilestarikan oleh generasi muda.