KONKRIT NEWS
28/08/19, 28.8.19 WIB
Last Updated 2019-08-28T13:52:34Z
Daerah

Nelayan Pesisir Pantai Juga Butuh Perhatian Nyata

Advertisement

Lampung - Pemberdayaan ekonomi kerakyatan melalui pengembangan pertanian perlu dikembangkan, karena berkaitan dengan program Gubernur Lampung Petani berjaya, tetapi para nelayan juga perlu diperhatikan agar kesejahteraan para nelayan dan anak-anak mereka dapat hidup sejahtera. Hal itu diungkapkan Ashari Hermansyah ketua umum DPP Lembaga Aspirasi Rakyat (ASPIRA) Provinsi Lampung saat mengunjungi Pulau pasaran di kelurahan kota karang kecamatan Teluk Betung Barat, Kota Bandar Lampung, Rabu (28-08-2019).

Ashari Hermansyah menyebutkan, dengan adanya program pemerintah provinsi Lampung petani berjaya yang akan meluncurkan kartu petani berjaya perlu dilakukan pendataan, jangan ada yang mengaku Petani tetapi hanya sekedar ikut-ikutan dan Dinas Pertanian sebagai leading sektor benar-benar membuat daftar dan data baru para kelompok tani yang tersebar di provinsi Lampung, agar tidak adanya dugaan manipulasi data. 

"Selain itu, para nelayan yang ada dilautan maupun nelayan pinggiran sungai perlu diberikan kartu nelayan, mengingat tingkat kesejahteraan mereka memprihatinkan. Dengan adanya kartu nelayan berjaya maka akan meringankan beban mereka, apalagi anak-anak mereka rata-rata dibawah standar pendidikan," ujar Ashari Hermansyah kepada media.

Usaha dan ekonomi kreatif  Nelayan juga memberikan efek positif dalam menanggulangi angka pengangguran di Lampung, hal tersebut ketika mengunjungi pulau pasaran, Ibu-ibu disamakan banyak bekerja sebagai upah tambahan menyortir ikan teri nasi sebagai mata pencarian.

Ashari Hermansyah menuturkan, untuk keberlangsungan pada kearifan lokal perlu dukungan pemerintah daerah dan semua pihak, karena ini adalah salah satu sumber pendapatan yang perlu diberdayakan,  apalagi diarea pesisir sepanjang jalan tersebut cocok dijadikan sebagai pengembangan pariwisata dengan membuat tempat-tempat kuliner. (Red)