9/8/20

Masyarakat Kecewa, Program Pamsimas Tahun 2019 Diduga Bermasalah

Loading...
LAMPUNG TENGAH|konkritnews.com--Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) merupakan salah satu program Pemerintah dan Daerah untuk meningkatkan akses penduduk pedesaan terhadap fasilitas air minum dan sanitasi yang layak untuk masyarakat.

Tapi tidak dengan Kampung Pujo Asri, Pamsimas di Kampung tersebut diduga bermasalah, karena tidak berfungsi sama sekali, Senin, (07/09/2020).

Program ini bertujuan untuk meningkatkan akses penduduk pedesaan dan pinggiran kota terhadap fasilitas air minum dan sanitasi, dalam rangka pencapaian target akses Universal Air Minum dan Sanitasi.

Namun sangat disayangkan di Kampung Pujo Asri, Kabupaten Lampung Tengah, Pamsimas tidak bisa dipergunakan oleh masyarakat. 

Berdasarkan Undang-undang No. 23 Tahun 2014, tentang Pemerintahan Daerah, pelayanan air minum dan sanitasi telah menjadi urusan wajib Pemerintah Daerah.

Akan tetapi berbeda Pamsimas di Kampung Pujo Asri, malah terbengkalai tidak bisa beroperasi maksmal, bahkan menurut warga sekitar rusak, bocor pipa, tapi tidak diperbaiki, serta bangunan diduga tidak sesuai dengan Rencana Anggaran Bangunan (RAB).

Penyediaan layanan air minum dan sanitasi yang memenuhi Standar Pelayanan Minimal (SPM), dengan menyediakan dukungan finansial baik untuk investasi fisik dalam bentuk sarana dan prasarana, maupun investasi non fisik dalam bentuk manajemen, dukungan teknis, dan pengembangan kapasitas.

"Pamsimas ini tidak berfungsi dari awal sampai sekarang, kami masyarakat Kampung Pujo Asri kecewa dengan tidak di fungsikannya Pamsimas," ucap salah satu warga yang namanya minta dirahasiakan kepada awak media.

Disisi lain, tim media mencoba konfirmasi Kepala Kampung dikediamannya, "Tidak mengetahui itu program ditahun 2019, sedangkan saya menjabat dari Januari 2020," pungkasnya.
(Tim)

Author:

Etiam at libero iaculis, mollis justo non, blandit augue. Vestibulum sit amet sodales est, a lacinia ex. Suspendisse vel enim sagittis, volutpat sem eget, condimentum sem.